Kumpulan contoh soal latihan UN SMP bahasa Inggris


Kumpulan soal latihan UN SMP - Dalam kaitannya dengan Ujian Nasional, banyak dikalangan pelajar yang membutuhkan soal-soal latihan sebelum menghadapi ujian nasional. Dalam kesempatan ini saya akan membagikan berbagai Kumpulan contoh soal latihan UN SMP bahasa Inggris hasil dari rangkuman UN tahun 2009, 2010, 2011, dan 2012. Setelah saya mengkaji soal – soal tersebut ternyata soal yang dikeluarkan pada tahun sebelumnya dengan tahun setelahnya tidaklah jauh berbeda. Hanya saja sedikit merubah bentuk teks atau kata-kata yang digunakan dalam soal tersebut. Namun pada intinya struktur, jenis, atau bentuk yang digunakan hampir sama. Yang terpenting anda dapat memahami maksud dari instruksi dan pertanyaan yang diberikan. Yang perlu anda ketahui juga bahwa lebih dari 50% dari soal – soal UN adalah Text based, atau berbasis text. Anda dituntut untuk memahami struktur, isi bacaan, dan referring pronoun atau kata ganti penunjuk.

Bagaimana cara menggunakankumpulan contoh soal latihan UN SMP bahasa Inggris ini?

1. Perlu anda ketahui bahwa materi yang digunakan untuk UN tidak hanya materi kelas 9 saja, akan tetapi juga memasukkan materi kelas 7 dan 8. Jadi anda juga harus menyempatkan membuka ulang materi – materi kelas 7 dan kelas 8.

2. Sebelum mulai mengerjakan soal – soal ini, saya sangat menyarankan anda untuk mempelajari keseluruhan expression atau ungkapan. Seperti misalnya ciri-ciri atau kalimat yang digunakan dalam ekspresi tersebut. Pelajari juga respon yang digunakan untuk ekspresi tersebut. Banyak sekali ekspresi yang digunakan dalam kurikulum Sekolah menengah pertama ini. Untuk apa saja ekspresi yang ada dalam kurikulum SMP, silahkan anda lihat di => Syllabus.

3. Pelajari keseluruhan jenis teks yang meliputi gerneric sturture, social function, dan grammatical feature nya. Dalam UN SMP pelajaran bahasa Inggris, teks yang digunakan meliputi descriptive text, procedure text, recount text, narrative text, report text, dll. Untuk lebih jelasnya teks apa saja yang digunakan untuk pelajar tingkat SMP, silahkan anda lihat di => Syllabus. Sedangkan untuk mempelajari dari setiap text tersebut, anda bisa melihat di kategori => English Text. Silah anda cari disana.  Setelah anda paham tentang semua yang saya sebutkan, anda juga harus memahami isi dari teks tersebut. Anda gali sendiri dengan melayangkan pertanyaan 5W + 1H. Misalkan anda sedang mempelajari naratif teks, coba anda buat pertanyaan dari teks tersebut : Tentang apa isi cerita ini? siapa tokoh utamanya? Kapan cerita ini terjadi? Dimana cerita terjadi? Mengapa cerita ini bisa terjadi? Bagaimana tokoh utama mengatasi masalah tersebut?. Anda juga bisa menggali pertanyaan sendiri sesuai kreatifitas anda.

4. Pelajari tentang rujukan kata. Rujukan kata (referring word) ini digunakan baik dalam expression maupun text. Jadi anda harus paham dengan pronoun. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda lihat disini => Pronoun.

5. Mintalah koreksi kepada guru atau orang yang paham betul mengenai soal soal ini. Anda dapat menanyakan apa jawaban yang benar, alasan mengapa jawaban salah, atau tips untuk mengerjakan soal tersebut.

6. Jengan terpaku dengan waktu, yang penting anda paham terlebih dahulu dengan semua jenis soal tersebut.

Bagaimana saya mendapatkan Kumpulan contoh soal latihan UN SMP bahasa Inggris ini ?

Kumpulan soal latihan bahasa Inggris ini saya kemas dalam satu folder dengan format Ms.Word. jadi anda dapat mendownload dan mencetak (print) materi ini agar bisa anda kerjakan tanpa harus menyalakan computer. Bentuk soal tidak hanya pilihan ganda, tetapi jiga saya selipkan beberapa essay. Baik anda guru ataupun murid, materi ini sangat bagus dan berguna sekali untuk penunjang pembelajaran. Silahkan klik link dibawah ini untuk mendownload.


Terimakasih telah berkunjung ke ega-english.

Kumpulan contoh soal latihan UN SMP bahasa Inggris Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

5 comments:

  1. ikuti cerdas caermat online untuk tingkat sd dan smp, mata pelajaran yang di tandingkan ada 4, matematika, b.indonesia, ipa , dan ips, pendaftaranya GRATIS !! ayo daftarkan dirimu sobat..

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas infonya gan .. :)

    Ayo Cepet Gabung di gameforsmart... !!!
    Aplikasi pembelajaran secara online. Cara pendaftarannya sangat mudah tanpa di pungut biaya apapun alias Gratiss loooo ...!! :D
    Monggo segera di buka websitenya www.gameforsmart.com

    ReplyDelete
  3. thanks saya juga sedang mengumpulkan soal2 bahasa inggris buat materi UN

    ReplyDelete
  4. trims, sangat membantu sekali.

    kalo berkenan monggo mampir kami masih dalam tahap belajar
    http://b4nkso4l.blogspot.com/

    ReplyDelete