Kumpulan contoh RPP bahasa Inggris SMP

Dalam postingan kali ini saya ingin memberikan Kumpulan contoh RPP bahasa Inggris SMP yang berformat Ms. Word dengan ukuran kecil dan bisa anda download. Untuk link download ada di akhir dari artikel ini. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit tentang RPP bahasa Inggris SMP serta pengalaman saya dalam menyusunnya.
Apa sih RPP itu?
RPP (Rencana Program Pembelajaran) adalah suatu program yang secara tertulis menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran secara rinci. Perhatikan ilustrasi berikut:
“Saya akan mengajarkan speaking untuk anak kelas VIII. Maka sebelum mengajar, saya harus menyusun RPP guna memberitahukan atau sebagai laporan bahwa yang  saya ajarkan berdasarkan RPP yang saya buat. Apabila ada TIM peneliti atau kepala sekolah menanyakan kegiatan pembelajaran apa saja yang telah saya ajarkan, maka mereka bisa melihat RPP saya tersebut”.
Apa yang perlu ditulis dalam sebuah RPP ?
Hal ini berkaitan dengan pembuatan RPP. Yang perlu dituliskan dalam sebuah RPP adalah semua aspek – aspek yang tercakup dalam pembelajaran. Aspek – aspek tersebut adalah:
a. Header, yang isinya meliputi (Tempat mengajar/sekolah, mata pelajaran, tingkatan kelas, semester, skill, topic, dan waktu pembelajaran)
b. Standard Competence, standar kompetensi ini harus melihat syllabus atau kurikulum yang dipakai sebagai acuan.
c. Basic Competence, kompetensi dasar ini sama halnya seperti standar kompetensi yaitu harus melihat syllabus atau kurikulum sebagai acuan.
d. Indikator, adalah tujuan tercapainya pembelajaran.
e. Character, adalah karakter yang diharapkan dari pembelajaran tersebut.
f. Materials, adalah semua materi yang digunakan sebagai pembelajaran.
g. Method, cara atau tehnik yang digunakan dalam menerapkan pembelajaran.
h. Teaching learning activities, semua aktivitas pembelajaran, hal ini mencakup semua kegiatan mulai dari Introduction/opening hingga closing.
i. Media, adalah alat yang digunakan sebagai pembelajaran. Seperti misalnya (gambar, LCD, real thing, etc)
j. Source, Sumber atau referensi yang digunakan dalam mengajar, misalnya (LKS, buku paket, E-book, etc)
k. Scoring, adalah penilaian yang digunakan dalam pembelajaran.
l.Pengesahan, berisi nama pengajar dan nama kepala sekolah.
Untuk lebih jelasnya silahkan anda download  Kumpulan contoh RPP bahasa Inggris SMP yang telah saya sediakan. Anda dapat melihatnya sebagai panduan dalam pembuatan RPP anda.
Apakah kumpulan contoh RPP bahasa Inggris SMP ini sudah berstandar ?
Saya tidak mengatakan IYA. Tapi yang perlu anda ketahui adalah RPP akan terus mengalami perubahan sesuai tuntunan DIKNAS. Misalnya,  pada waktu saya mengajar pada tahun 2008 saya masih menggunakan RPP yang tidak berkarakter. Namun sekarang sudah mulai diterapkan RPP yang berkarakter. Kumpulam contoh RPP bahasa Inggris SMP ini adalah RPP yang sudah berkarakter. Namun anda tidak perlu khawatir, walaupun RPP ini mengalami perkembangan, tidak akan meninggalkan  unsur - unsur yang telah saya sebutkan tadi diatas.
Langsung saja anda download contoh RPP tersebut dengan meng-klik link dibawah ini.
Demikian cerita saya mengenai RPP ini, semoga dapat membantu teman teman sekalian dalam penyusunan RPP yang akan digunakan dalam pembelajaran. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan dikotak komentar yang sudah saya sediakan dibawah.
Sekian dari saya, Ega. Terima kasih telah mengunjungi situs ini.

Kumpulan contoh RPP bahasa Inggris SMP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments: