Hortatory exposition text

Kumpulan teks bahasa Inggris - Dalam Oxford Dictionary, pengertian hortatory expostition text adalah sebagai berikut “Text which describes a comperehensive problem which is intended to persuade the readers to do something”.

Dalam bahasa Indonesia pengertian hortatory exposition text bisa diartikan “teks yang menjelaskan sebuah teori/masalah secara komprehensif (menyeluruh) dengan tujuan mendorong (mempengaruhi) orang lain untuk melakukan / tidak melakukan sesuatu.

GENERIC STRUCTURE OF HORTATORY EXPOSITION TEXT
1. 1. Thesis / General Statement
Thesis / general statement adalah pernyataan pembuka yang menjelaskan topik yang akan dibahas. Sebagai contoh kita akan membahas mengenai bahaya narkoba, maka thesis statement kita gunakan kurang lebih sebagai berikut: “Drugs can damage the nerve dan and explode the young generation ”.

2.2.  Arguments
Arguments atau (Pendapat) adalah pernyataan yang berisi pembahasan lanjutan dari thesis statement yang dijelaskan secara detail. Argument sebaiknya berisi tentang penjelasan dari para ahli, bukan pendapat pribadi. Berikut contoh thesis statement yang mendukung pernyataan General statement dari tema Narkoba tadi:

Argument 1 : Drugs is addicted that make the user feel hard to stop. (lalu kalimat pokok ini di jelaskan lebih rinci lagi)

Argument 2 : Many young people is addicted by drug, even of them are students (Seperti pada argument 1, kembangkan kalimat pokok pada argument 2 ini ke kalimat kalimat pendukung yang lebih rinci)

Argument 3 : Recently, drug transaction goes around this country Indonesia. (Lakukan pengembangan seperti argument 1 dan 2)

3.  Recommendation.
Recommendation atau suggestion, adalah pernyataan yang  berisi saran penulis mengenai permasalahan yang diungkapkan dalam topik pembahasan. Misalnya “There is no reason to taste drug anyway. And for you who has been addicted of it, you can go to see the doctor or come to the phsyciatrist”. Lalu anda dapat menambahkan sendiri, terserah saran apa yang ingin anda sampaikan. Sebaiknya saran tersebut sesuai dengan saran para ahli.

Banyak sekali contoh hortatory exposition. Berikut salah satu contoh hortatory exposition text yang bisa anda buat sebagai acuan.

Demikan pelajaran mengenai hortatory exposition text. Jika ada pertanyaan yang ingin anda sampaikan, silahkan anda tinggalkan pesan.

Selamat belajar, semoga sukses…

Baca juga Report text.

“You are far wiser than you think”

Hortatory exposition text Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment