cara mudah belajar bahasa inggris 2 | Saran para master

Cara mudah belajar bahasa inggris - Agar dapat lancar Dalam berbicara bahasa inggris dalam kehidupan sehari - hari, cara yang paling mudah yang bisa lakukan adalah dengan berbicara secara langsung dengan Native speaker (Orang asli pengguna bahasa Inggris). Lalu pertanyaanya, Bagaimana jika kita tidak punya teman/relasi seorang native speaker? TIDAK MASALAH! Masih banyak cara lain yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan kita dalam berbicara bahasa Inggris. Sebelumnya saya ingin memberitahukan dahulu poin untuk cara - cara yang mudah untuk memperlancar bahasa Inggris kita.

- Perbanyak Vocabulary (syarat mutlak)

- Mempraktekkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari - hari (syarat mutlak)

- Gunakan bahasa Inggris dalam setiap kesempatan

- Dengarkan musik yang berbahasa Inggris

- Nonton movies yang berbahasa Inggris

- Berikan sedikit sentuhan grammar

- Cari kata - kata yang sulit, ucapkan berulang ulang

- Gunakan googe translate jika mendapat kesulitan (baik dalam menyusun/mengucapakan kalimat)

- Selama 3 bulan, akan anda perubahan yang luar biasa.

Apakah poin - poin diatas SULIT DAN MENGERIKAN? TIDAK!
Karena saya akan memberikan step by step untuk mempermudah dalam menerapkan setiap poin diatas.

1.      Cara mudah belajar bahasa Inggris - Perbanyak Vocabulary.

Kenapa saya mengatakan Vovacabulary sebagai syarat mutlak dalam belajar bahasa Inggris? Karena tanpa vocabulary mustahil kita dapat berbahasa. Intinya, semakin banyak vocabulary yang kita kuasai akan semakin membantu dalam menyusun kalimat yang bervariasi. Lalu Bagaimana cara yang mudah untuk mempelajary Vocabulary?

1. Menabung.

Untuk memperbanyak vocabulary kita harus rajin menabung, artinya yaitu dengan cara menghafal 5 vocabulary setiap hari. Mulai dari kata - kata yang simple dan tidak bersinonim. Contoh: (Aple, Manggo, grape, Banana, Papaya).Selain menghafal, anda juga harus memperhatikan cara pengucapannya yang benar (Cek di Kamus). Hari berikutnya kita ambil 5 kata lagi dan seterusnya. Lihat catatan anda setelah satu minggu, dan coba lihat mana kata yang anda lupa. Pertajam dalam menghafal kata - kata yang anda lupa tersebut. Ulangi langkah - langkah ini ke minggu berikutnya.

2. Perhatikan setiap benda yang anda lihat, lalu coba anda cari artinya dalam bahasa Inggris.

Anda tidak perlu menghafalnya, jika anda sudah mengerti tutuplah kamus anda. Anda bisa memasang Kamus digital (Ex: PD English - Indonesia) anda bisa search di google dan menginstalnya di HP anda. Pertama mungkin hal ini terasa melelahkan, tapi percayalah setelah satu minggu anda melakukan ini anda akan merasa ketagihan.

3. Membaca teks bahasa Inggris

Hal ini sama halnya dengan poin nomer dua, yaitu anda cek di kamus setiap kata yang belum anda ketahui selama anda membaca. Sumber yang bisa anda baca sangat banyak sekali (Komik, Novel, cerita rakyat, berita, Dll) Semua bisa anda dapatkan dengan search di Google.

Demikianlah cara - cara yang menurut saya mudah untuk dilakukan dalam memperkaya vocabulary bahasa Inggris anda.

2.      Cara mudah belajar bahasa Inggris - Mempraktekan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari - hari

Jika kita tidak punya sobat bule, cara paling mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan melatihnya sendiri. Kita bisa melakukannya di depan cermin untuk melatih ekspresi kita. Karena ekspresi dalam berbahasa itu sangatlah penting. Jika kata - kata kita kurang bisa dimengerti maka lawan bicara kita akan menangkap maksut kita lewat ekspresi yang kita sampaikan. Misalnya sambil berkaca kita mengucapkan "Ohhh, My hair feels so smooth, I look very match with this dress, perfect!". Anda bisa berkreasi dengan kalimat anda sendiri. Lalu setiap anda melakukan aktivitas ucapkan setiap aktivitas yang anda lakukan dalam bahasa Inggris. Ex " I want to take a bath", " UUggghh, My leg is hurt", "Today is very bright" dll. Jika anda malu dengan orang – orang sekitar anda, anda bisa melakukannya dengan suara yang agak pelan. Tapi kenapa harus malu, namanya juga belajar?

3.      Cara mudah belajar bahasa Inggris - Menggunakan bahasa Inggris dalam seriap kesempatan.

Banyak sekali wahana yang dapat kita gunakan untuk memanfaatkan setiap kesempatan. Salah satu yang paling simple adalah dengan Update status, dan sms. Cari kata – kata yang menurut anda sulit, lalu gunakan dalam sebuah kalimat lalu buat kalimat tersebut sebagai bahan update status. Sms juga sama, untuk hal ini kita harus sedikit tahu tempat, misalnya anda ingin sms nenek anda, sebaiknya jangan gunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar, karena bisa bisa anda akan dibalas dengan bahasa jepang nantinya,,, heheheheh kidding. Orang kadang dapat tersinggung jika mendapat sms menggunakan bahasa Inggris, karena dirasa sok atau sombong. Padahal tujuan kita belajar. Kirim sms hanya untuk orang – orang tertentu yang kira – kira bisa menerima bahasa anda. Jika ada yang hobi nulis diary, ini kesempatan banget, tiap hari akan nambah vocabulary baru. Yang mulanya nulis hanya pakek bahasa Indonesia sekarang coba sedikit demi sedikit ganti ke bahasa Inggris. Dan masih banyak cara yang lain, Percayalah “Dimana ada kemauan, disitu ada jalan”

4.      Cara mudah belajar bahasa Inggris - Mendengarkan musik yang berbahasa Inggris

Saya suka banget dengan Greenday, A7X, dan paramour. Selain karena musiknya yang asyik saya juga suka lirik liriknya yang kritis dan dalam banget. Oleh karenanya saya selalu cari di google lalu saya artikan. Setelah itu saya nyanyikan dengan pedenya. Gak semua orang lho hafal banyak lagu menggunakan bahasa Inggris. Jadi saya mendapatkan banyak poin plus. Dari hal itu selain mendapat banyak sekali vocabulary, pronunciation (Pelafalan) saya jadi tambah mateng.

5.      Cara mudah belajar bahasa Inggris - Menonton Film yang berbahasa Inggris

Kalo nonton film biasanya saya yang paling saya hafal adalah kata – kata yang melibatkan emosi didalamnya. Karena saya ingin sekali menggunakan kata – kata itu, entah dalam kehidupan sehari – hari, entah buat update status, entah buat sms, banyak sekali pokoknnya. Kata – kata yang melibatkan emosi tuh maksutnya bukan marah – marah saja, tapi juga yang menyangkut tentang perasaan, takut, dan termasuk juga marah. Setelah dapat kata – kata itu lalu saya koleksi untuk menambah ekspresi kalimat saya.

6.      Cara mudah belajar bahasa Inggris - Memberi sedikit sentuhan grammar

Bagaimanapun kita juga harus mempelajari grammar, tapi yang harus kita pelajari adalah cukup dasar – dasarnya saja. Luangkan waktu satu minggu untuk mempelajari all tenses dan kalimat aktif – pasif. Percayalah, setelah anda melakukan poin – poin sebelumnya, grammar anda akan meningkat dengan sendirinya tanpa harus mempelajari. Karena FAKTA dilapangan, banyak sekali Orang diluar sana (Native) yang grammarnya acak – acakan. So, intinya, bahasa inggris itu dalam konteks sehari – hari yang penting bisa dipahami dan dimengerti. That’s All. Dan yang lebih penting lagi yaitu “BAHASA ITU BUKAN BAGAIMANA KITA TAHU, TAPI BAGAIMANA KITA BISA”. Baiklah kita pergi ke tahap selanjutnya.

7.      Cara mudah belajar bahasa Inggris - Mengulangi mengucapkan kata - kata yang sulit.

Setelah anda memasuki tahap ini, sebagai aktivitas tambahan, anda dianjurkan untuk mengasah vocabulary anda. Mengapa saya selalu bilang vocabulary ? Karena Vocabulary adalah jantung bahasa, yaitu penentu bahasa anda bisa diterima atau tidak itu tergantung dari vocabulary anda. Dalam tahap pengasahan, cara mudah yang bisa anda lakukan yaitu cari kata – kata yang menurut anda sulit. Buatkan list. Lalu ucapkan minimal 50X, jika masih belum lancar, lanjutkan ke hari berikutnya.

8.      Cara mudah belajar bahasa Inggris - Meminta bantuan Google translate

Jika dalam menyusun sebuah kalimat ada keraguan, atau ada keraguan dalam mengucapkan suatu kata, anda bisa pergi ke google translate. Sebenarnya masih ada tools yang lebih akurat khusus untuk penerjemahan, yaitu http://toggletext.com. Jikan anda punya masalah, anda bisa pergi kesana untuk mendapat pencerahan. Hhee. Sebenarnya jika hanya masalah Pengucapan, anda bisa mendapatkan kamus oxford dictionary yang bisa anda download secara gratis pada blog saya ini. Caranya masuk ke ==> Kategori ==> download gratis ==> oxford dictionary. Dan perlu diketahui bahwa yang mengucapakan dalam layanan layanan seperti ini adalah orang Native asli. Jadi anda bisa membedakan bagaimana pengucapan orang native dan bagaimana pengucapan orang non Native.

9.      Cara mudah belajar bahasa Inggris - Logika 3 Bulan berhasil

Kenapa saya bisa memastikan dalam 3 bulan anda akan mengalami perkembangan yang pesat setelah anda melakukan secara konsisten tiap – tiap poin diatas?

ALASAN RIIL NYA

-          Anda akan merasakan bahwa bahasa Inggris itu mudah, dan tidak sesulit yang anda bayangkan, karena bahasa Inggris sudah menjadi bahasa sehari – hari anda.

-          Semakin banyak anda menggunakan bahasa Inggris, semakin sedikit anda menggunakan bahasa Indonesia, That’s our aim, itulah tujuan utama kita, karena kita masih dalam tahap belajar. Is that true?

-          Akan ada banyak yang ingin seperti anda, dan anda akan mempunyai partner sebagai lawan bicara anda.

-          Semakin anda mendalami bahasa Inggris akan semakin terasa asyik.

-          Semakin anda mendalami, anda akan semakin tertarik, penasaran, dan ingin tahu dan ingin tahu.

-          Setelah 3 bulan anda sudah tidak lagi merasa terbebani dengan aktivitas tersebut, justru sebaliknya.

-          Anda akan KETAGIHAN dengan semua kegiatan tersebut

Demikian cara cara mudah belajar bahasa Inggris dan juga asyik yang saya bisa saya bagikan. Saya telah mencoba melakukannya selama 2 tahun lebih, dan terbukti berhasil. Saya sering diminta untuk menyampaikan sambutan – sambutan menggunakan bahasa Inggris di kampus saya. Karena saya adalah mahasiswa bahasa Inggris yang HAUS akan belajar. Dalam blog saya tentang cara mudah belajar bahasa Inggris ini, saya berkeyakinan bahwa pelajaran bahasa Inggris tidak hanya didapat dari bangku pendidikan atau kursus saja, tapi juga melalui kreativitas – kreativitas seperti yang saya paparkan. Selamat belajar, semoga sukses menyertai anda. Jangan lupa terus konsisten ya..

cara mudah belajar bahasa inggris 2 | Saran para master Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

11 comments:

  1. Replies
    1. https://www.letspal.com <= Saya merekomendasikan situs web ini untuk mencari teman

      Delete
  2. thank you very much with the writing on the blog, I became inspired to learn English

    ReplyDelete
  3. Pertamax diamankan gan... Referensi nih... Update terus blognya...

    ReplyDelete
  4. Woww bermanfaat sekali..
    Ini yg saya cari. Trim's kak

    ReplyDelete
  5. thanx for your blog.. it's very useful for me :)

    ReplyDelete
  6. ok i will try to apply this tips, thanks :)

    ReplyDelete
  7. thank you friend. this tips very useful for me. i will try to apply.

    ReplyDelete