Turorial Belajar bahasa Inggris | Mudah dan menyenangkan

Tutorial belajar bahasa Inggris kali ini akan mengajarkan anda secara sederhana, mudah, menyenangkan, dan langsung dapat anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum pelajaran dimulai, saya ingin bertanya terlebih dahulu kepada anda.  Apakah bahasa Inggris itu sulit? Sudah berapa lama anda belajar bahasa Inggris? Dan sudah sejauh mana kemampuan anda dalam berbahasa Inggris? Anda sendirilah yang tau persis jawabannya. Dan jika kemampuan anda sudah cukup baik, anda tidak mungkin masih repot – repot membaca artikel ini. Untuk itu saya akan menyajikan beberapa tutorial belajar bahasa Inggris yang mudah untuk diaplikasikan. Seperti bahasan saya sebelumnya tentang cara mudah belajar bahasa Inggris Part 1, anda harus menentukan terlebih dahulu objektif atau tujuan anda. Jika anda ingin melihatnya, silahkan anda lihat => disini. Dari gambaran tersebut anda akan dapat menentukan tujuan anda dalam belajar bahasa Inggris. Setelah anda membaca kesulurahan posting tadi, sekiranya anda sudah faham untuk mulai mengambil tindakan. Dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan secara sederhana bagaiamana menguasai ke empat skill bahasa Inggris tersebut yang meliputi speaking, listening, writing, dan reading.
1. Speaking:
Banyak sekali media yang bisa anda gunakan untuk belajar speaking, seperti halnya video, buku percakapan, fasilatas chating di social media dan lain lain. Tapi tentu anda tidak boleh menghilangkan kata “PRAKTEK” dalam mengaplikasikan semua media yang anda gunakan. Saya sangat menyarankan agar anda memulai segala sesuatunya dari yang paling dasar, karena tingkatan yang lebih tinggi selalu mennyangkut tingkatan yang paling dasar atau bisa dikatakan “saling berkaitan”. Untuk yang paling dasar anda bisa lihat video ini.


Coba anda cari video percakapan – percakaapan bahasa Inggris lainnya tentunya yang dari level dasar terlebih dahulu. Setelah beberapa minggu atau beberapa bulan anda mempelajari video tersebut, anda bisa melanjutkan ke tingkatan yang lebih tinggi, seperti misalnya percakapan dalam bidang tertentu. Perhatikan video dibawah ini:
 

2. Listening:
Dalam tutorial belajar bahasa Inggris selanjutnya yaitu mempelajari tentang listening. Seperti halnya speaking, materi yang dapat anda gunakan sangat bervariasi. Anda dapat mencari audio atau video berbentuk apapun yang menggunakan bahasa Inggris. Mudahnya, saya yakin anda mempunyai beberapa koleksi lagu atau film yang berbahasa Inggris, dari situ anda bisa mencari sriptnya. Jika dalam bentuk mp3 biasanya disebut dengan (Lyric) dan jika dalam video biasanya disebut dengan (SRT). Anda dapat mengetikkanna di google sesuai judul media anda. Misalkan anda mempunyai lagu mp3 Avril lavigne yang berjudul When you’re gone, maka anda bisa mengetikkan di google dengan keyword “Lyric avril lavigne when you’re gone”. Maka akan banyak sekali situs yang menyediakan konten tersebut. Untuk yang berbentuk video anda dapat menggunakan cara yang sama. Selain itu saya juga sudah menyediakan berbagai video + script di blog saya ini. Silahkan anda cari di tab menu download (pada bagian atas).
3. Writing.
Untuk memulai tutorial belajar bahasa Inggris ketiga ini, anda dapat melakukan kegiatan yang sangat sederhana sekali. Mulailah menulis apa yang telah anda lakukan dalam hari – hari anda atau gampangnya membuat diary. Anda juga dapat menulis surat atau Letter. Yang terpenting adalah anda mau menulis tentang apapun. Kalau saya pribadi lebih suka menulis blog dengan referensi dari blog berbahasa Indonesia dan saya menterjemaahkannya kedalam bahasa Inggris. Dan kelebihan dari menulis ini, kita bisa mendapatkan penghasilan dari sana. Kalau saya boleh mengatakan, writing atau menulis ini akan sangat berguna sekali. Kita dapat membuka jasa menulis artikel atau menjadi penterjemah yang sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang. Tehnik dari menulis ini berbeda beda, tergantung dari tujuan anda menulis tentunya. Misalanya anda ingin menulis sebuah surat, tentu struktur surat sangat berbeda dengan sturktur dalam menulis esay. Tapi pada dasarnya sama, yaitu menggunakan sturuktur atau grammar yang baik, efektif, benar, dan mudah dibaca agar pesan yang kita tulis bisa tersampaikan kepada pembaca. Jika anda mempunyai dasar menulis yang baik, anda akan lebih mudah dalam menulis apapun. Lalu bagaimana caranya? Seperti yang saya paparkan sebelumnya anda bisa menulis diary, surat, atau mencoba menulis di blog yang disediakan gratis.
4. Reading.
Dalam tutorial belajar bahasa Inggris yang ke empat atau yang terakhir ini, saya akan menjelaskan tentang reading. Apa gunanya saya mempelajari reading? Tentu banyak sekali guna dari membaca. Tahukah anda banyak sekali penulis di negeri kita yang menterjemahkan dan menerbitkan berbagai buku dengan pengarang asing?. Tentu para penulis ini harus mempunyai kemampuan yang baik dalam membaca atau memahami dari pesan yang disampaikan oleh  buku  yang ia baca. Anda juga dapat membaca berbagai buku asing yang bermanfaat yang tidak diterbitkan di Indonesia. Sebelum menjadi menjadi penulis yang baik, kita harus lebih dulu menjadi pembaca yang baik. Lalu bagaimana saya memulai belajar membaca ini? Mulailah dari hal-hal yang anda senangi, misalnya membaca komik, membaca novel, membaca artikel, dan membaca buku buku bahasa Inggris lainnya. Banyak sekali komik, novel, dan bacaan – bacaan bahasa Inggris lainya di internet. Anda tinggal search di google dan banyak sekali situs yang muncul menawarkan apa yang sedang anda cari. Saya juga menyediakan berbagai novel dan cerpen untuk membantu pembaca blog saya dalam belajar bahasa Inggris. Silahkan anda cari di menu header (bagian atas blog ini) dengan panel => download.

Perlu anda ketahui bahwa semua skill bahasa Inggris yang saya uraikan tersebut hanyalah turorial dasar dan menyenangkan yang dapat langsung anda aplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Jika anda ingin mempelajari semua skill tersebut secara mendalam, silahkan anda membuka materi tentang  semua skill bahasa Inggris tersebut disini => English Skills. Atau anda dapat langsung mencarinya di tab menu atas blog ini dengan nama English skill. Dalam kategori English skill ini saya menjelaskan secara rinci ke empat skill bahasa Inggris tersebut dan saya akan terus meng-updatenya. Demikan turorial belajar bahasa Inggris ini, dan saya harap anda mau untuk mengambil tindakan ya, dan menunggu besuk untuk memulainya.
Selamat belajar, semoga sukses...

Turorial Belajar bahasa Inggris | Mudah dan menyenangkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

4 comments:

  1. Agak susah nih untuk menemukan orang yg mau menguji kemampuan bahasa inggris Kita Gan....
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. tutorialnya sangat bermanfaat sekali gan .. thanks

    ReplyDelete
  3. walaupun kelihatannya mudah belajar bahasa inggris tidak gampang sama sekali ya... :(

    ReplyDelete
  4. Nice tips... Keep sharing gan http://forty-sixenglish.blogspot.com/

    ReplyDelete