Kumpulan contoh soal latihan UN SMA bahasa Inggris.

Kumpulan soal latihan UN SMA - Dalam kaitannya dengan Ujian Nasional, banyak dikalangan pelajar yang membutuhkan soal-soal latihan guna menghadapi ujian nasional. Dalam kesempatan ini saya akan membagikan berbagai Kumpulan contoh soal latihan UN SMA bahasa Inggris hasil dari rangkuman UN tahun 2009, 2010, 2011, dan 2012. Setelah saya mengkaji soal – soal tersebut dapat disimpulkan bahwa soal yang dikeluarkan pada tahun sebelumnya dengan tahun setelahnya tidaklah jauh berbeda. Hanya saja sedikit merubah bentuk teks atau kata-kata yang digunakan dalam soal tersebut. Namun pada intinya struktur, jenis, atau bentuk yang digunakan hampir sama. Yang terpenting anda dapat memahami maksud dari instruksi dan pertanyaan yang diberikan. Yang perlu anda ketahui juga bahwa lebih dari 50% dari soal – soal UN adalah Text based, atau berbasis text. Anda dituntut untuk memahami struktur, isi bacaan, dan referring pronoun atau kata ganti penunjuk.
Bagaimana cara menggunakankumpulan contoh soal latihan UN SMA bahasa Inggris ini?
1. Perlu anda ketahui bahwa materi yang digunakan untuk UN tidak hanya materi kelas 12 saja, akan tetapi juga memasukkan materi kelas 10 dan 11. Jadi anda juga harus menyempatkan membuka ulang materi – materi kelas 10 dan kelas 11.
2. Sebelum mulai mengerjakan soal – soal ini, saya sangat menyarankan anda agar mempelajari keseluruhan expression atau ungkapan. Seperti misalnya ciri-ciri atau kalimat yang digunakan dalam ekspresi tersebut. Pelajari juga respon yang digunakan untuk ekspresi tersebut. Banyak sekali ekspresi yang digunakan dalam kurikulum Sekolah menengah atas ini. Untuk apa saja ekspresi yang ada dalam kurikulum SMA, silahkan anda lihat di => Syllabus.
3. Pelajari keseluruhan jenis teks yang meliputi gerneric sturture, social function, dan grammatical feature nya. Dalam UN SMA pelajaran bahasa Inggris, teks yang digunakan meliputi descriptive text, procedure text, recount text, narrative text, report text, dll. Untuk lebih jelasnya teks apa saja yang digunakan untuk pelajar tingkat SMA, silahkan anda lihat di => Syllabus. Sedangkan untuk mempelajari dari setiap text tersebut, anda bisa melihat di kategori => English Text. Semua bisa anda dapatkan disana.  Setelah anda paham tentang semua yang saya sebutkan, anda juga harus memahami isi dari teks tersebut. Anda gali sendiri dengan melayangkan pertanyaan 5W + 1H. Misalkan anda sedang mempelajari report teks, coba anda buat pertanyaan dari teks tersebut : Tentang apa isi teks ini? siapa pihak – pihak yang bersangkutan? Kapan fakta  ini terjadi? Dimana fakta tersebut terjadi? Mengapa fakta ini perlu dibahas? Bagaimana sifat dari subjek yang dilaporkan?. Anda juga bisa menggali pertanyaan sendiri sesuai kreatifitas anda.
4. Pelajari tentang rujukan kata. Rujukan kata (referring word) ini digunakan baik dalam expression maupun  text. Jadi anda harus paham dengan pronoun. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda lihat disini => Pronoun.
5. Mintalah koreksi kepada guru atau orang yang paham betul mengenai soal soal ini, agar anda tentang apa jawaban yang benar, alasan mengapa jawaban salah, atau tips untuk mengerjakan soal tersebut.
6. Jengan terpaku dengan waktu, yang penting anda paham dengan semua jenis soal tersebut.
Bagaimana saya mendapatkan Kumpulan contoh soal latihan UN SMA bahasa Inggris ini ?
Kumpulan soal latihan bahasa Inggris ini saya kemas dalam satu folder dengan format Ms.Word. jadi anda dapat mendownload dan mencetak (print) materi ini agar bisa anda kerjakan tanpa harus menyalakan computer. Bentuk soal selain pilihan ganda, juga saya selipkan beberapa essay. Baik anda guru ataupun murid, materi ini sangat bagus dan berguna sekali untuk penunjang pembelajaran. Silahkan klik link dibawah ini untuk mendownload.
Terimakasih telah berkunjung ke ega-english.

Kumpulan contoh soal latihan UN SMA bahasa Inggris. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments:

  1. MKASIH
    sangat bermanfaat
    mampir juga ya http://belajardii.blogspot.com

    ReplyDelete