Tenses dalam bahasa Inggris.

Tenses dalam bahasa Inggris - Pernahkan anda dipusingkan dan  bertanya Tanya tentang Apa itu tenses? Apa bedanya tenses dengan grammar? Ada berapa bentuk (rumus) sih tenses itu ? bagaimana cara menghafalkan semua tenses yang mudah ?
Baik akan saya kupas satu persatu, dan saya pastikan setelah anda mengikutinya dari awal hingga akhir pelajaran ini, anda sudah tidak pusing dan tidak bertanya Tanya lagi dengan tenses dalam bahasa Inggris. Sebelum memulai, tanamkan pada mindset anda bahwa ini mudah, simple, dan you’ll do it! Karena bisa dibilang ini adalah pelajaran yang sangat sangat dasar sekali, (pelajaran anak SD, lol).

Pengertian tenses.
Tenses adalah aturan yang mengatur perubahan bentuk kata kerja dalam menyesuaikan dengan waktu yang digunakan. Mudahnya kita dapat menyebutnya (bentuk waktu). Maksutnya disini adalah dalam berbicara, kita harus melihat kapan terjadinya “waktu berbicara” tersebut. Selain itu kita juga harus tau keadaan kita saat berbicara, apakah sedang membicarakan kejadian yang sedang berlangsung, apakah membicarakan sesuatu yang sudah berlalu (lampau), dan apakah membicarakan waktu yang akan datang (future). Dan setelah kita mengetahui waktu dan keadaan tentang apa yang akan kita bicarakan, barulah kita menempatkan “tenses” yang sesuai dengan waktu dan keadaan tersebut. Contoh, jika kita sedang membicarakan kejadian sekarang atau sedang berlangsung, maka kita menggunakan present tense, jika membicarakan sesuatu yang sudah berlalu maka menggunakan past tense, dan jika membicarakan seseuatu yang akan datang maka kita menggunakan future tense. Karena secara umum bentuk waktu (tenses) di klasifikasikan kedalam 3 kelompok tersebut (present, past, future). Dan tentunya setiap kelompok tersebut masih dibedakan kedalam kelas yang lebih spesifik lagi yaitu (simple, continuous, perfect, dan perfect continuous). Untuk pembahasan lebih rinci, akan saya paparkan dalam pelajaran lain. Silahkan anda cari di kategori “tenses”.

Perbedaan  tenses dengan grammar.
Tenses adalah atau hanyalah bentuk waktu saja, sedangkan grammar adalah struktur atau tata cara atau aturan, yang mengatur semua hal yang berhubungan dengan rumus pengubahan dari kata kedalam kalimat. Berikut pengertian grammar menurut oxford dictionary (Grammar is the rules in a language for changing the form of words and joining them into sentences) Dalam hal ini grammar dapat diartikan juga aturan aturan dalam menyusun/menempatkan kata, frase, klausa, dan kalimat dalam bahasa inggris. Lalu apa bedanya dengan tenses? Kan Tenses juga mengubah kata kedalam suatu kalimat? Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan table berikut.

Macam – macam grammar sangat banyak sekali, setiap jenis grammar mempunyai fungsi dan tujuan tersendiri. Berikut beberapa contoh jenis grammar.

Jenis Grammar
Fungsi dan Tujuan
Conditional sentence
Kalimat pengandaian
Comparative degree
Kalimat perbandingan
Tenses
Bentuk waktu sebuah kalimat
Passive Voice
Kalimat pasif

Note:
1.       Masih banyak sekali macam – macam grammar yang tidak saya sebutkan.
2.       Tenses adalah bagian dari grammar, yang khusus mengatur tentang bentuk waktu.

Saya rasa anda sudah paham tentang perbedaannya, jika masih bingung silahkan ajukan pertanyaan melalui kotak komentar dibawah.

Jumlah semua tenses dalam bahasa Inggris.
Sebenarnya saya juga masih ragu dalam membahas soal ini. Karena bahasan tentang jumlah tenses itu masih controversial. Jika di Indonesia, tenses itu ada 16. Tetapi di Negara yang punya bahasa sendiri (England) tenses itu ada 12. Lalu mana yang benar? (jawab: sama sama tidak salah). Bahkan pada kurikulum yang dikeluarkan pemerintah Indonesia, tenses secara resmi ada 16. Dan saya mempunyai 3 buku grammar, yang semua terbitan asing, TIDAK menyebutkan bahwa tenses  itu ada 16. Sepertinya tidak perlu juga juga membahas dan memperdebatkan mana yang benar, yang penting kita tau saja. Dan lebih baiknya juga kita paham apa saja ke empat tenses tambahan yang berlaku di Indonesia tersebut. Karena tidak menutup kemungkinan kita akan menjumpai tenses tersebut.
Untuk lebih jelasnya mari kita lihat table berikut:

12 tenses (orang Inggris)
16 tenses (orang Indonesia)
1.       Simple present tense
1. Simple present tense
2.       Present continuous tense
2. Present continuous tense
3.       Present perfect tense
3. Present perfect tense
4.       Present perfect continuous tense
4. Present perfect tense
5.       Simple past tense
5. Simple past tense
6.       Past continuous tense
6. Past continuous tense
7.       Past perfect tense
7. Past perfect tense
8.       Past perfect continuous tense
8. Past perfect continuous tense
9.       Simple future tense
9. Simple future tense
10.   Future continuous tense
10. Future continuous tense
11.   Future perfect tense
11. Future perfect tense
12.   Future perfect continuous tense
12. Future perfect continuous tense
-           
13. Past future
-           
14. Past future continuous
-           
15. Past future perfect
-           
16. Past future perfect continuous


Note:
1.       12 tenses yang dianut orang Inggris maupun orang Indonesia adalah sama, yang membedakan adalah ke 4 tenses yang bercetak tebal tersebut.
2.       (Perhatikan 4 tenses yang bercetak tebal). Meskipun secara grammatical benar, tetapi keempat tenses tersebut jarang sekali digunakan dalam percakapan sehari hari.
3.       Ada baiknya kita tetap mengetahui dan memahami keempat tenses tersebut, karena seperti kata pepatah (tahu lebih baik dari pada tidak tau).
4.       Untuk melihat dan memahami semua rumus tersebut, silahkan lihat disini => 16 tenses bahasa Inggris.
Demikian penjelasan mengenai jumlah tenses dalam bahasa inggris, dan sudah saya sebutkan juga semua 16 tenses bahasa Inggris yang selama ini menghuni buku buku grammar terbitan dalam negeri.
Cara mengingat semua tenses bahasa Inggris.
Jika anda bertanya, apakah saya hafal semua 16 tensis tersebut, saya akan menjawab “Iya, bahkan tidak hanya menghafal, tetapi saya juga bisa memodifikasi”. Seperti otomotif aja, hehehhee. Seharusnya bukan itu pertanyaannya, tapi “apakah anda bisa? “, mungkin kali ini belum tapi percayalah semua itu sangatlah gampang asal anda tau caranya. Dulu saya juga sempet puyeng melihat segitu banyaknya tenses yang harus di hafal. Setelah having trip to the foreigner English forum akhirnya saya menemukan tips. Dan It works. Tips ini tidak hanya dapat digunakan untuk tenses saja, bahkan juga grammar, dan juga bisa digunakan untuk menghafal pelajaran apapun. Kuncinya sangat mudah sekali, yaitu “PETA KONSEP”. Seperti dalam belajar disini anda juga sudah saya sediakan peta konsep sebelum anda benar benar ingin mempelajari bahasa Inggris. Silahkan dilihat di Kategori => Peta sukses.
Lalu bagaimana memetakan tenses ini? Yaitu dengan pengelompokan. BERIKUT LANGKAH – LANGKAHNYA:
1.       Secara umum tenses (bentuk waktu) itu ada 3 macam. PRESENT, PAST, FUTURE. Hafalkan 3 macam ini dulu. Untuk berikutnya tidak terlepas dari ketiga jenis itu. Anggap ini sebagai orang tua.
2.       Masing masing orang tua tersebut mempunyai 4 anak yang namanya sama, yaitu SIMPLE, CONTINOUS, PERFECT, dan PERFECT CONTINOUS. Hafalkan ke 4 nama anak ini. Jika sudah, perhatikan table berikut:

Orang tua
Anak
PRESENT
SIMPLE present

Present CONTINUOUS

Present PERFECT

Present PERFECT CONTINUOUS


PAST
SIMPLE past

Past CONTINUOUS

past PERFECT

past PERFECT CONTINUOUS


FUTURE
SIMPLE future

future CONTINUOUS

future PERFECT

future PERFECT CONTINUOUS

Mudah bukan? Hanya 3 orang tua yang mempunyai 4 nama anak yang sama. Itu sudah 12 tenses yang orang Inggris gunakan pada umumnya. Nah sekarang tinggal 4 tenses tambahan yang digunakan oleh orang Indonesia.

3.       Ada satu lagi orang tua, PAST FUTURE. Mempunyai 4 orang anak juga yang namanya juga sama. Perhatikan table berikut:

Orang tua
Anak
PAST FUTURE
SIMPLE past future

Past future CONTINUOUS

Past future PERFECT

Past future PERFECT CONTINUOUS

Note:
1.       Jika anda enggan menghafalkannya, anda cukup membacanya berulang – ulang sambil membuat contoh kalimat dari masing masing tenses tersebut.
2.       Untuk melihat keseluruhan rumus 16 tenses tersebut, dan sedikit tambahan tips lain, silahakan lihat disini => 16 rumus tenses bahasa Inggris.
Sudah saya jelaskan semua pertanyaan yang mungkin selama ini menjadi tanda Tanya bagi anda. Tapi yang lebih penting dari semua itu adalah (Ingat: bahasa Inggris itu bukan bagaimana kita tau, tapi bagaimana kita bisa). Setelah membaca ini kiranya anda mau untuk mulai berlatih. Untuk tips tips lain silahkan anda pilih di menu kategori. Anda juga bisa melihatnya di menu header (atas). Silahkan anda pilih materi mana yang anda butuhkan. Dan saran saya anda jangan terburu – buru dalam belajar. Kata ahli bahasa nih mengatakan, belajar bahasa yang baik itu adalah dengan langsung praktek.“Learning by doing”. Karena bahasa adalah skill. Demikian dari saya, dan sampai jumpa di pelajaran yang lain. Selamat belajar, semoga sukses…….

Tenses dalam bahasa Inggris. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ega minut

22 comments:

  1. kita juga punya nih jurnal 16 Tenses, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5769/1/1.%20DOKUMEN%20PRESENTASI.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    ReplyDelete
  2. wiihh... mantap nih cara belajarnya... semoga ini bisa jadi jalan untuk saya.
    bagus blognya + isinya. Tingkatkan kang.

    ReplyDelete
  3. MANTABZ NIH BAGI-BAGI ILMU NYA,.... semoga tuhan membalas kebaikan anda
    terima kasih

    ReplyDelete
  4. Tradisionalis. Tenses hanya ada 2 past & present. Silakan periksa A Comprehensive English Grammar
    atau artikel ini http://www.unilorin.edu.ng/publications/aje/reconceptualizing.htm

    ReplyDelete
  5. Future bukan tenses karena tidak ada infleksi. Itu hanya penambahan modal will, seperti halnya can atau must yg dapat menunjukkan masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  6. Continuous & Perfect adalah ASPECTS, bukan tenses, karena tidak dapat berdiri sendiri. periksa http://grammar.about.com/od/ab/g/aspectterm.htm

    ReplyDelete
  7. Bang Anonymous. klo will tidak disebut sebagai bagian tenses. maka kelompok Do, kelommpok Have, kelompok Be, kelompok Modals Aux juga ngak bisa masuk tense karena mereka juga termasuk THE BIG FOUR

    ReplyDelete
    Replies
    1. I have been sleeping ....
      Tense = present [have --> verb 1]
      Aspect= perfect [been --> verb 3] & continuous [sleeping --> verb-ing]

      Delete
  8. Sebenarnya
    WILL, SHALL, HAVE, HAS, CAN, MAY, IS, AM, ARE = Present
    WOULD, HAD, COULD, MIGHT, WAS, WERE = Past
    tidak ada kan bentuk 'future' untuk WILL? :-D
    Silakan anda baca referensi yg saya berikan. Itu teori paling modern.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Nah, kalau sudah baca keterangan di atas, sekarang mari kita coba lihat bagaimana memahami tenses tanpa menghafalkan rumusnya:
    http://goo.gl/dYCKo

    ReplyDelete
  11. Terima Kasih, Tips menghafalkan 16 tenses nya sangat bermanfaat, bisa di hafal dalam waktu kurang dari 1 jam.

    Tq So much.

    ReplyDelete
  12. mantap...sngat membantu...
    krsus online bhsa inggris tnpa grammar,download gratis materinya...
    klik http://bit.ly/18viRdk

    ReplyDelete
  13. makasiihhhh ya ini bemanfaat bingiittt...

    ReplyDelete
  14. Ini nich yg gue cari selama ini. THX bgt y ;)

    ReplyDelete
  15. makasih loh ya buat refrensinya, sangat sangat bermanfaat bagi saya :)

    ReplyDelete
  16. sangat mudah dimengerti.. thanks mas bro...

    ReplyDelete
  17. keren dan sangat membantu, jempol deh

    ReplyDelete
  18. Terima kasih,, sangat membantu menghafal dengan cepat :-)

    ReplyDelete
  19. makasi... sangat mudah di pahami (y)

    ReplyDelete
  20. trimah kasih atas ilmux....smoga sukses..

    ReplyDelete