Past continuous tense


Tenses bahasa Inggris - Dalam pelajaran kali ini saya ingin membahas tentang Past continuous tense. sebelum memulai materi ini saya sangat menyarankan anda untuk menengok pelajran sebelumnya tentang present tense, yang telah saya bahasa sebellumnya. Karena disana anda dapat mempelajari berbagai istilah yang mungkin tidak saya jelaskan kembali dalam pelajaran kali ini. baik jika sudah mari kita mulai pelajaran kali ini.
1.      Rumus Past Continuous Tense
Positif
S + Was + Ving + O/Adv
She was reading a novel
Negatif
S + Was + Not + Ving + O/Adv
She was not reading a novel
Interogatif
Was  + S + Ving + O/Adv ?
Was she reading the novel?

Note:
a.      Jika subjeknya adalah you, they, we, maka menggunakan “Were”
b.      Jika subjeknya adalah I, He, she, it, maka menggunakan “Was”
c.        “Was not” bisa disingkat menjadi “Wasn’t”. Sedangkan “Were not” bisa disingkat menjadi “Weren’t”.

2.      Kegunaan/Fungsi Past continuous Tense.
a.       Digunakan untuk menyatakan perbuatan yang sedang terjadi di waktu lampau.

Sentence
Meaning
I was waiting for my friend yesterday
Saya sedang menunggu teman saya kemarin
They were playing card last week
Mereka sedang bermain kartu minggu lalu

b.      Digunakan untuk menyatakan perbuatan yang sedang terjadi di waktu lampau, dan biasanya disertai dengan kejadian lain.

Sentence
Meaning
She was studying when I visited her
Dia sedang belajar ketika saya mengunjunginya
I was watching TV when my father got home
Saya sedang menonton TV ketika ayah saya pulang

3.      (Adverb of time) Keterangan waktu yang sering digunakan pada Past continuous tense.

Adverb
Meaning
……While……
…….ketika…………
……When……
……ketika………..
…….as…….
……ketika………

Note: Keterangan tersebut digunakan untuk menghubungkan dua klausa, atau dua kejadian yang berlangsung bersamaan.
Demikian pelajaran tentang tenses bahasa inggris past continuous tense ini. Semoga dapat membantu anda dalam belajar bahasa Inggris.
Selamat belajar, semoga sukses....

Past continuous tense Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment